Telinga Sebelah Kurang Mendengar? Kenali Penyebabnya di Sini

Kurang Pendengaran Sebelah
Kurang Pendengaran Sebelah. 
Ketika salah satu telinga kemasukan air atau tersumbat kotoran, maka dapat menyebabkan tuli sebelah tiba-tiba. Namun, jika telinga tiba-tiba tuli tanpa diketahui penyebabnya, kamu harus berhati-hati. Kurang pendengaran sebelah memang bisa diobati.

Tetapi kamu harus memeriksakan kondisi ini sesegera mungkin. Jika telambat, bukan hal mustahil kamu akan mengalami tuli permanen sehingga harus mengunjungi pusat alat bantu dengar. Agar dapat mencegahnya, berikut beberapa penyebab masalah tuli sebelah.

Penyebab Tuli Sebelah Secara Tiba-tiba
Tuli sebelah terjadi ketika telinga kehilangan sebagian kemampuan mendengarnya. Biasanya telinga mampu mendengar suara percakapan sekitar 60db. Tetapi, jika mengalami gangguan pendengaran sebelah, kamu hanya mampu mendengar suara tidak lebih dari 30 dB.

Tuli sebelah biasanya terjadi pada usia 40 tahunan. Kamu akan mengetahui mengalami tuli sebelah ketika bangun pagi saat salah satu telinga tidak bisa mendengar apapun. Selain itu, kamu juga dapat menyadari mengalami tuli sebelah ketika melakukan aktivitas sehari-hari dan tidak dapat mendengar suara di sekitar dengan baik. Orang yang mengalami tuli sebelah dapat mengalami rasa tertekan pada telinga, kepala terasa ringan, dan telinga terasa berdenging.

Tuli sebelah secara tiba-tiba biasanya disebut kehilangan pendengaran sensorineural. Kondisi ini dapat terjadi karena infeksi, trauma atau cedera pada kepala, penyakit autoimun, dan gangguan sirkulasi darah.

Selain itu, tuli sebelah juga dapat disebabkan konsumsi obat-obatan yang mengganggu sistem pendengaran, tumor pada bagian otak, gangguan sistem saraf, dan gangguan telinga dalam.

Pengobatan Telinga Tuli Sebelah
Pada kebanyakan kasus, penderita tuli sebelah dapat sembuh dengan sendirinya setelah 1-2 minggu. Namun, pasien yang mengalami vertigo dan memasuki usia lanjut akan sulit mendapatkan kemampuan mendengar normal kembali.

Tuli sebelah biasanya diobati dengan memberikan obat kortikosteroid. Obat ini biasanya diberikan untuk mengobati gejala peradangan dan pembengkakan. Selain itu, pengobatan juga disesuaikan dengan kondisi pasien dan penyebab telinga tuli sebelah. Jika telinga tuli sebelah karena infeksi, maka dokter akan memberikan obat antibiotik.

Jika penyebab tuli sebelah dikarenakan penggunaan obat-obatan, maka dokter akan mengganti obat tersebut. Untuk mengatasi kurang pendengaran sebelah juga dapat dilakukan dengan memasang alat bantu pendengaran. Hubungi pusatalatbantudengarmelawai.com dan dapatkan alat bantu pendengaran terbaik.

Terimakasih atas kunjungannya