FUNancial Talkshow, Belajar Mengatur Keuangan Praktis dan Gratis Bareng Home Credit

Start-Up Smart: Financial Tips for Turning Your Hobby into a Business
Talkshow Start-Up Smart: Financial Tips for Turning Your Hobby into a Business
FUNancial Takshow, Belajar Mengatur Keuangan Praktis dan Gratis Bareng Home Credit - Bicara keuangan, ada sebuah istilah mengatakan "besar pasak daripada tiang", alias lebih besar pengeluaran daripada pemasukan. Ya, itu bisa terjadi karena kita kurang pintar dalam mengatur keuangan alias boros.

Saya sendiri termasuk orang yang boros karena terlalu banyak jajan barang-barang yang nggak terlalu dibutuhkan. Apalagi kalau ada promo atau diskon besar-besaran di online shop, ahhh.... gak bisa nahan deh. Yang akhirnya uang buat kebutuhan bulanan habis dipakai belanja online.

Disaat kecanduan belanja online shop seperti ini, beruntung banget saya bisa ikutan acara talkshow #FUNancial yang bertemakan "Start-Up Smart: Financial Tips for Turning Your Hobby into a Business", Sabtu lalu (7/12/2019) di Paberik Kopi Upnormal Coffee Roasters Bandung.

Funancial talkshow adalah event dari Home Credit Indonesia yang ingin membantu kamu mencapai segala impian financial dan mewujudkan #YangKamuMau. Home Credit Indonesia merupakan perusahaan pembiayaan berbasis teknologi global yang menyediakan layanan pembiayaan baik secara online maupun offline. Pembiayaan yang ditawarkan di antaranya smartphone, furnitur, gadget, alat-alat elektornik hingga aksesoris mobil.

Di acara ini peserta mendapat pencerahan dan tips-tips mengatur keuangan secara FUN dari advisor dan lifestyle influencer, yaitu Mas Dipa Andika (Financial Planner dan Co-founder Hahaha Corp) dan Mohammad Takdis (Owner Whatravel Indonesia).

Talkshow yang dipandu oleh Mbak Uchita Pohan ini seru banget dan nggak membosankan karena dikemas secara fun. Satu lagi yang bikin acara ini tambah menarik adalah banyak hadiah doorprize nya. Biar saya nggak dapat hadiahnya, tapi ikut seneng saat lihat peserta lain dapat hadiah.

Saya banyak belajar bagaimana cara ngatur pengeluaran dan pemasukan dengan lebih baik. Nggak hanya untuk memenuhi kebutuhan sekarang, tapi juga untuk kebutuhan saya di masa depan. Kesalahan kita terkait finansial adalah nggak merencanakannya dengan baik. Jadinya boro-boro terinvestasikan, yang ada malah langsung ludes.

Mas Dipa Andika mengajarkan kita belajar cara mengatur keuangan, menghitung dana pensiun, sampai nyiapin dana darurat dan trik supaya dananya nggak keambil gara-gara tergoda belanja barang-barang yang sebenarnya nggak dibutuhin. Semua tips yang diberikan Mas Dipa gampang diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.

Masyarakat Indonesia lebih dari 10% belum memahami cara memanage financial yang lebih baik. Supaya mudah dalam mengatur keuangan, kita wajib mencatat semua pemasukan dan pengeluaran secara detil dari mulai mingguan, bulanan, hingga tahunan. Sampai pengeluaran receh yang nggak terasa pun harus dicatat loh. Kenali kebiasaan-kebiasaan kecil yang tanpa kamu sadari justru bikin kantong kamu jebol. 

Tanpa disadari, kita ini setiap bulannya mengeluarkan banyak uang untuk latte factor. Sembilan dari sepuluh orang rata-rata mengeluarkan uang 900 ribu perbulannya, dan itu dikeluarkan untuk hal-hal kecil yang jarang dimasukkan dalam catatan keuangan. 

Latte factor adalah pengeluaran yang terlihat kecil, namun tanpa disadari hal tersebut dilakukan berkali-kali. Seperti jajan boba, uang parkir, antar jemput pacar/pasangan, biaya admin transaksi ATM, dan biaya-biaya kecil lainnya yang tanpa disadari bikin pengeluaran membengkak.

Terus buat yang punya bisnis, ingat rekening bisnis jangan disatukan dengan rekening pribadi, supaya mudahan pencatatan keuangannya. Bisnis sekecil apapun usahakan rekeningnya terpisah ya guys. Kita juga harus menggaji diri sendiri, sama seperti memberi gaji sama karyawan, kalau bisa setiap bulannya di tanggal yang sama.

Terima kasih Home Credit Indonesia yang sudah menyelenggarakan FUNancial talkshow. Buat kamu yang mau tahu lebih detil tentang Home Credit Indonesia bisa mengaksesnya di www.homecredit.co.id/funancial

Terima kasih atas kunjungannya