Diam itu Emas, Tapi Bicara Baik itu Berlian

Diam itu Emas


Diam itu Emas, Tapi Bicara Baik itu Berlian - Ini adalah tulisan motivasi yang sengaja saya simpan untuk dibaca saat saya membutuhkannya. Jika kamu yang membaca tulisan ini merasa termotivasi, saya ucap syukur alhamdulillah. Tapi, jika ada yang nggak suka, skip saja dan abaikan ya gengs.


Kenapa masalahmu tidak bisa terselsaikan?


Mungkin karena terlalu banyak bicara dan terlalu banyak mengeluh. Kamu menganggap masalahmu lebih besar daripada masalah orang lain. Padahal bisa saja masalah mereka lebih besar daripada masalahmu, tapi mereka tidak banyak bicara dan mengeluh seperti kamu.


Apa gunanya berbicara tentang masalah yang kamu alami kepada orang lain? 


Percayalah, orang lain itu hanya penasaran sama kamu, bukan karena mereka peduli. Ketika masalah datang terkadang lebih baik diam daripada menjelaskan apa yang kita rasakan karena mereka hanya bisa mendengar, tapi tidak bisa mengerti.


Saat kamu sedang marah, diamlah. Karena diam itu bisa mencegah menyakiti hati orang lain dengan kata-katamu. Saat kamu lagi marah diamlah, daripada harus mengucapkan kata-kata tanpa makna.


Diam bukan tanda kita tidak tahu. Diam bukan juga definisi sebuah kebodohan. Tapi diam bermakna bahwa kamu matang, lebih bijak dalam berpikir mana yang baik untuk kamu juga untuk orang lain.


Ketika masalah terjadi, diamlah sejenak. Tahan mulutmu untuk berbicara. Karena berbicara saat marah justru akan memperkeruh situasi.


Tahan  jarimu untuk menulis di media sosial karena menulis status pada saat marah yang akan kamu tulis hanyalah sampah. Memang kamu butuh tempat mengadu. Kepalamu sudah tidak sanggup menanggung semua masalah.


Tapi apakah menceritakan masalah kepada orang lain bisa membuat masalah selesai?


Ketika masalah dan amarah itu datang, berhenti dan duduklah. Kalau masih marah berbaringlah. Tapi jika masih marah, ambil sajadahmu, kemudian shalat dan berdo'a.


Masalah besar terjadi karena masalah kecil yang tidak terselesaikan. Diam memang tidak bisa menyelesaikan masalah, tapi setidaknya diam bisa meredam untuk membuat masalah itu menjadi tambah besar. 


Lebih baik diam daripada melepaskan kata-kata yang tidak patut. Lebih baik diam, tapi tahu apa yang harus dilakukan, daripada berbicara tapi tidak mengerti apa yang dibicarakan. Lebih baik diam dan dianggap bodoh, daripada berbicara dan berusaha dianggap pandai.


Berkata-kata memang lebih baik daripada diam, tapi diam akan jauh lebih baik daripada berkata-kata tapi menyakiti hati orang lain.


Diam lebih baik daripada berbicara omong kosong dan sok tahu. Diam bisa membuat kita bisa lebih mendengarkan kata hati.


Diam bisa membuat kita bisa menikmati cara kita berpikir, karena diam terkadang lebih baik untuk mewakilkan jutaan kepingan perasaan yang ada.


Diam itu bijak. Tapi ketika bijakmu diinjak dan tidak dihargai, berbicaralah dan buat orang lain diam, karena diam adalah emas dan berbicara baik adalah berlian.


Baca juga Jangan Takut Dibenci

Terima kasih atas kunjungannya