Mengenal Bagian-Bagian dari Paket CCTV Terbaik

Mengenal Bagian-Bagian dari Paket CCTV Terbaik

Sumber foto : https://www.pexels.com


Mengenal Bagian-Bagian dari Paket CCTV Terbaik - Pemasangan kamera CCTV di suatu lokasi baik gedung umum maupun rumah pribadi dinilai sangat penting dan menguntungkan. Fasilitas ini bisa meningkatkan keamanan dan mencegah terjadinya tindak kejahatan. Tentunya kamu sangat disarankan untuk memilih paket CCTV terbaik jika ingin menggunakan alat ini sebagai sistem keamanan agar hasil pengawasannya lebih akurat. 



Bagian-Bagian CCTV


Perangkat CCTV terdiri dari beberapa komponen atau bagian. Sebagai pengguna CCTV kamu perlu mengetahui bagian-bagian atau komponen apa saja yang terlibat. Dengan begitu kamu akan lebih mudah mengambil langkah jika ada kerusakan atau kendala. Dalam paket CCTV terbaik, ada beberapa komponen di dalamnya yang terdiri dari:


  • Kamera

Komponen pertama tentu saja adalah kamera. Dari namanya saja kita bisa tahu kalau salah satu bagian utama dari perangkat ini adalah kamera. Kamera ini akan menjalankan fungsinya sebagai alat pengambil atau perekam gambar. Tentunya harus dipilih kamera CCTV terbaik yang kualitas dan spesifikasinya memuaskan. 


Jika kameranya memiliki kualitas yang baik, hasil rekaman juga akan jauh lebih akurat. Jenis kamera ini terdiri dari 2 tipe yaitu network dan analog. Pelajari dulu spesifikasi kamera dan cara kerjanya sebelum kamu memilih dan memasang CCTV. Pastikan sudah sesuai dengan kebutuhan dan ketersediaan bujet.


  • Encoder

Selanjutnya ada bagian Encoder yang tak kalah penting dari kamera. Bagian ini digunakan untuk merekam gambar yang tertangkap oleh kamera. Encoder untuk camera analog menggunakan DVR atau Digital Video Recorder sedangkan untuk camera IP menggunakan NVR atau Network Video Recorder. Tanpa adanya Encoder maka perekaman tidak akan berjalan dengan baik. Dibutuhkan komponen Encoder yang berkualitas agar proses perekaman dan hasil gambarnya akurat. 


Jika kamu memilih paket CCTV terbaik, jangan hanya melihat spesifikasi kameranya. Lihat juga detail DVR/NVR yang digunakan dan pastikan memiliki kualitas yang memuaskan. Saat terjadi kerusakan pada Encoder biasanya proses perekaman akan mengalami gangguan dan tidak bisa dilakukan pengawasan secara optimal. 


  • HDD

Sebuah perangkat CCTV juga memiliki komponen HDD atau Hard Disk Drive. HDD ini adalah media penyimpanan data dan gambar yang sudah direkam oleh kamera. Kapasitas HDD sangat bermacam-macam dan disarankan untuk memilih jenis HDD yang kapasitasnya besar. Semakin besar kapasitas HDD maka akan semakin panjang proses perekaman yang bisa dilakukan. 


  • Kabel dan Power

Ketika membeli paket CCTV terbaik, kamu juga akan menerima kabel Coaxial atau UTP dan kabel power. Kedua kabel ini punya peran penting dalam mendukung kerja perangkat CCTV. Kabel coaxial digunakan untuk kamera analog sedangkan kabel UTP digunakan untuk kamera IP. Kabel ini berfungsi untuk menghantarkan sinyal video dan audio dari kamera menuju DVR/NVR.


Sementara itu kabel power digunakan untuk menghubungkan kamera CCTV dengan sumber listrik. Tentunya kabel ini menjadi komponen penting dalam sebuah perangkat CCTV. Paket CCTV terbaik sekalipun tak akan bisa bekerja jika tidak ada kabel power. Ukuran panjang kabel power bisa disesuaikan dengan lokasi dan jarak kamera serta sumber listrik.


  • Connector

Kemudian kamu juga perlu mengenal adanya Connector. Komponen yang satu ini digunakan untuk menghubungkan kabel dengan perangkat CCTV maupun Encoder. Konektor juga akan mendukung kerja kamera CCTV agar berjalan optimal dalam merekam situasi di tempat CCTV tersebut dipasang. Untuk kabel coaxial menggunakan connector BNC sedangkan kabel UTP menggunakan connector RJ45. 


  • Monitor

Selain membutuhkan kamera CCTV terbaik, sistem pengawasan dan keamanan juga membutuhkan monitor yang berkualitas. Monitor merupakan alat yang digunakan untuk mengawasi hasil perekaman oleh kamera CCTV. Agar proses pengawasan rekaman bisa berjalan lancar dan akurat, dibutuhkan fasilitas monitor yang memadai dan berkualitas.


Selain mencari paket CCTV terbaik, perhatikan pula jenis monitor yang akan digunakan. Proses pengawasan akan jauh lebih optimal jika kamera CCTV berkualitas dipasangkan dengan monitor yang juga berkualitas. Selain itu monitor yang bagus juga pasti akan jauh lebih awet dan minim kerusakan sehingga pengawasan bisa terus berjalan. 



Mengenal Bagian-Bagian dari Paket CCTV Terbaik

https://www.pexels.com


Pakai CCTV Berkualitas dari Hikvision ColorVu


Kamu bisa mempercayakan pengawasan keamanan di lingkunganmu dengan produk Hikvision Seri ColorVu. Paket CCTV terbaik ini menghadirkan keunggulan yang akan membuat sistem keamanan berjalan optimal. Berikut adalah beberapa keunggulan produk Hikvision ColorVu yang perlu kamu ketahui:


  • Memberikan Informasi Warna Akurat

Produk CCTV yang satu ini akan menghasilkan rekaman dengan informasi warna yang akurat. Render warna yang dilakukan sangat akurat. Kinerja Hikvision ColorVu dalam menghasilkan warna akurat bisa terjadi bahkan di lingkungan dengan pencahayaan yang rendah. 


  • Menghasilkan Detail yang Kuat

Paket CCTV terbaik dari Hikvision bisa menghadirkan detail gambar yang sangat kuat. Informasi warna juga detail objek bisa tersampaikan secara optimal. Jauh lebih baik daripada pencitraan dengan kamera CCTV hitam putih.


  • Memberikan Pengalaman Visual Terbaik

Hikvision menghadirkan kamera CCTV terbaik melalui Seri ColorVu ini. Kamu akan mendapatkan pengalaman visual yang sangat memuaskan. Kamera yang dipakai memiliki aperture super F1.0 dan sensor lanjutan yang akan membuat proses render gambar jadi lebih realistis.


Secara keseluruhan, produk Hikvision Seri ColorVu ini akan memberikan hasil rekaman CCTV yang jauh lebih memuaskan. Tidak hanya memberikan rekaman ala kadarnya, melainkan juga menghasilkan rekaman dengan warna yang tajam, detail, dan kuat. Sangat efektif digunakan untuk menjaga keamanan di lingkungan umum maupun pribadi. 


Tak perlu ragu lagi untuk menggunakan paket CCTV terbaik dari Hikvision Seri ColorVu ini. Produk kamera pengintai ini akan membantu meningkatkan sistem keamanan di lingkunganmu baik di fasilitas umum maupun di rumah pribadi. Sangat efektif memberikan hasil pengawasan yang berkualitas sehingga jauh lebih mudah untuk memantau situasi. 

Terima kasih atas kunjungannya