Cara Merawat CCTV Outdoor Agar Selalu Berfungsi Optimal

Cara Merawat CCTV Outdoor Agar Selalu Berfungsi Optimal

https://www.pexels.com/photo/white-cctv-camera-on-wall-354062/

Cara Merawat CCTV Outdoor Agar Selalu Berfungsi Optimal - Memasang kamera pengawas di rumah memang memiliki manfaat yang berguna untuk meningkatkan keamanan. Tidak hanya di dalam rumah, kalian juga wajib memasang CCTV outdoor di luar agar semakin efektif menjaga lingkungan sekitar. 

Sayangnya jika penggunaan kamera pengawas ini tidak dirawat dengan baik, maka dapat meningkatkan risiko kerusakan sehingga CCTV tidak bisa digunakan untuk waktu lama. Ada beberapa penyebab CCTV yang mudah rusak, diantaranya adalah:

  • Kabel CCTV putus

  • Port konektor rusak

  • DVR mati atau rusak

  • Kamera CCTV tidak bekerja

  • Adaptor atau power supply mati

Nah jika beberapa penyebab CCTV tidak bekerja di atas terjadi maka fungsinya pun tidak dapat digunakan lagi. Jika masalah tersebut terjadi, hal yang harus dilakukan adalah menggantinya dengan produk CCTV baru.

Tentunya akan memakan waktu dan biaya tambahan, sehingga kalian harus rutin merawatnya dengan mengikuti tips merawat CCTV outdoor seperti yang akan saya bahas di bawah ini. 

Kiat Merawat CCTV Outdoor Agar Berfungsi Optimal dan Tahan Lama

Cara Merawat CCTV

https://www.pexels.com/photo/security-logo-60504/

Meskipun kalian merasa bahwa pemasangan kamera pengawas tersebut sudah maksimal, tetapi tidak menutup kemungkinan akan terjadi gangguan yang menyebabkan kamera CCTV mati total sehingga tidak bisa bekerja full time 24 jam.

Kamera pengawas outdoor biasanya lebih rawan terhadap kerusakan karena lebih mudah terkena efek cuaca yang tidak menentu serta tangan nakal tidak bertanggung jawab yang merusak kamera CCTV tersebut. 

Sama dengan peralatan lainnya, CCTV outdoor terbaik juga harus dirawat dengan baik agar performanya selalu terjaga. Agar kalian bisa memaksimalkan penggunaan kamera pengawas ini, mari simak ulasan di bawah tentang tips merawat kamera pengawas outdoor.


1. Jaga Kebersihan CCTV

Hal pertama yang harus kalian perhatikan untuk menjaga kamera pengintai tetap bekerja adalah dengan menjaga kebersihan dari CCTV itu sendiri. Kamera CCTV outdoor harus dibersihkan secara rutin dan berkala karena mudah terkena paparan debu hingga air hujan.

Bersihkanlah mulai dari lensa kamera hingga ke bagian pelindung kameranya. Jangan lupa juga untuk memperhatikan kebersihan komponen DVR serta layar monitor CCTV outdoor. Pastikan semua komponen tidak berdebu atau kotor karena dapat membuat hasil rekaman menjadi buram.


2. Perhatikan Pengaturan Rekaman

Tidak hanya menjaga kebersihan CCTV, akmu juga wajib memperhatikan pengaturan mode rekaman kamera pengintai outdoor. Rekaman harus diatur secara optimal seperti masa jangka waktu penyimpanan hasil rekaman.

Kualitas hasil rekaman dan pengaturan lainnya juga harus diperhatikan agar klip video dapat disimpan dengan baik dan mudah ditemukan jika sewaktu-waktu kalian membutuhkannya.


3. Cek Seluruh Komponen CCTV Secara Berkala

Masih jarang dilakukan oleh pemilik CCTV outdoor, ternyata mengecek seluruh bagian CCTV secara berkala merupakan langkah efektif untuk menjaga kualitas dan performa dari kamera pengawas itu sendiri.

Pastikanlah koneksi dan kabel terhubung dengan baik. Ketahui juga posisi kedua alat tersebut, jangan sampai target kamera tidak tepat sasaran. Kemudian cek bagian penyanggah kamera dan komponen lainnya apakah masih berfungsi dengan baik atau tidak.


4. Lihat Keakuratannya

Cara merawat CCTV luar yang selanjutnya adalah memperhatikan keakuratan kamera pengawas tersebut. Tips yang satu ini tidak kalah pentingnya untuk dilakukan agar kamera yang digunakan dapat menangkap target dengan tepat.

Lihatlah keakuratan waktu dan jam, keakuratan indikator hingga kondisi DVR agar bisa mengetahui keadaannya dengan baik. Jika ada kerusakan segeralah service komponen tersebut agar tidak mempengaruhi kinerja bagian CCTV lain.


5. Backup Semua Rekaman

Meskipun tidak terasa secara signifikan dalam penggunaan CCTV outdoor, tetapi melakukan back up pada semua rekaman CCTV yang ada merupakan cara tepat untuk mengurangi kapasitas penyimpanan kamera.

Cadangkanlah hasir rekaman klip video yang terekam, kemudian sortir rekaman yang masih perlu dan tidak. Pastikan untuk memback-up data rekaman ini secara rutin agar tidak memenuhi penyimpanan CCTV.

Kelima tips menjaga CCTV outdoor terbaik di atas wajib kalian lakukan secara rutin guna menjaga kualitas CCTV agar bisa memantau lingkungan sekitar rumah 24 jam non-stop. Selain merawat kamera CCTV dengan baik, produk yang digunakan pun berpengaruh terhadap tingkat keamanan yang diberikan. 

Tingkatkan Keamanan Sekitar Rumah Bersama Hikvision AcuSense

Nah kini kalian bisa menggunakan AcuSense dari Hikvision sebagai produk CCTV outdoor berkualitas yang hadir dengan teknologi canggih untuk para penggunanya. Namun kenapa harus menggunakan Hikvision AcuSense?

Hikvision AcuSense merupakan produk CCTV outdoor terbaik yang memiliki sistem alarm berbasis sensor dan mampu memudahkan kalian untuk melihat peristiwa secara real-time. Dengan menggunakan Hikvision AcuSense, kalian tidak perlu khawatir lagi akan terjadi hal-hal yang tidak diinginkan terjadi di lingkungan sekitar.

Adapun beberapa keunggulan yang disuguhkan oleh AcuSense dari Hikvision yang dapat kalian rasakan adalah sebagai berikut.


1. Alarm Akurat

Kemudahan pertama yang bisa didapatkan saat menggunakan produk Hikvision AcuSense adalah alarm yang super akurat untuk manusia dan kendaraan. Dengan adanya sistem ini kalian bisa lebih fokus pada sensor yang dipicu oleh manusia atau kendaraan.


2. Peringatan Visual dan Audiotori

Selain memiliki alarm yang akurat, Hikvision AcuSense juga dibekali dengan metode respon dan pencegahan menggunakan peringatan berupa visual dan auditori yang dapat disesuaikan guna menambah lapisan keamanan.


3. Cari Target dengan Cepat

Sebagai CCTV outdoor terbaik, Hikvision AcuSense mampu memudahkan penggunanya untuk melihat video klip atau rekaman yang disusun berdasarkan kategori. Pengklasifikasian objek ini tentunya akan meningkatkan efisiensi pencarian saat kalian membutuhkan rekaman tersebut.

Hikvision AcuSense menawarkan teknologi yang super canggih untuk penggunanya, sehingga cocok digunakan sebagai CCTV outdoor yang dipasang untuk menjaga keamanan di sekitar rumah. Jadi tunggu apalagi? Yuk segera dapatkan produknya sekarang juga.

Terima kasih atas kunjungannya