Raup Keuntungan dari Obligasi Sukuk Ritel (SR) di Tahun 2022

Raup Keuntungan dari Obligasi Sukuk Ritel

Sumber: https://www.pexels.com/id-id/foto/pria-orang-smartphone-meja-tulis-6329025/

Raup Keuntungan dari Obligasi Sukuk Ritel (SR) di Tahun 2022 - Obligasi Sukuk Negara Ritel atau Sukuk Ritel menjadi salah satu produk investasi yang ditawarkan oleh pemerintah pada warga negara Indonesia. Sukuk Ritel menjadi salah satu instrumen investasi yang terjangkau, aman, mudah serta menguntungkan.

SR016 sendiri merupakan Surat Berharga Syariah Negara atau SBSN yang pertama ditawarkan tahun 2022. Bila dibandingkan dengan BI 7 Days Reverse Repo Rate yang berada di level 3,5%, tentu saja terdapat selisih imbal hasil yang cukup menggiurkan.

Keuntungan Investasi Obligasi SR

Melakukan pembelian Sukuk Ritel atau investasi Sukuk Ritel bukan hanya mendukung pembangunan negara. Namun ada berbagai keuntungan ketika melakukan pembelian Sukuk Ritel ini, antara lain:

1. Dijamin oleh pemerintah

Investasi Sukuk Ritel merupakan investasi yang menggiurkan, hal ini disebabkan karena Sukuk Ritel dijamin oleh pemerintah. Undang Undang Nomor 19 tahun 2008 yang berisi mengenai Surat Berharga Syariah Negara serta Anggaran Pendapatan serta Belanja Negara sudah menjamin pembayaran pokok serta imbalan Sukuk Ritel.

Sukuk Ritel sebagai salah satu bentuk Surat Berharga Negara, sehingga sebagai investor, kamu tidak perlu cemas uang akan hilang atau nilai investasi akan berkurang. Sehingga, jika investor melakukan investasi Sukuk Ritel hingga Rp2 miliar sekalipun, semua uangnya akan dijamin kembali.

2. Imbal hasil kompetitif

Sukuk Ritel memiliki imbal hasil dengan persentase tertentu. Imbal hasil dari Sukuk Ritel ini akan dibayarkan secara rutin setiap bulan serta nilai pokok modal akan dibayarkan sesudah jatuh tempo, yaitu sesudah 2 tahun.

Imbal hasil dari Sukuk Ritel umumnya lebih tinggi dibandingkan dengan rata-rata tingkat bunga deposito bank. Selain itu jangka waktu simpanan selama 2 tahun. Investor tentu dapat merasakan keuntungan yang jauh lebih besar bila dibanding dengan menabung di bank.

3. Kemudahan akses pembelian

Untuk melakukan pembelian Sukuk Ritel dapat dilakukan dengan mudah. Bahkan kamu dapat beli obligasi online dimana saja dan kapan saja. 


Sumber: https://www.pexels.com/id-id/foto/orang-berkemeja-hitam-lengan-panjang-memegang-kertas-putih-5951722/

4. Memiliki potensi memperoleh capital gain

Ketika melakukan pembelian Sukuk Ritel, kamu memiliki potensi memperoleh capital gain ketika Sukuk Ritel dijual dengan harga lebih tinggi dibandingkan dengan harga beli sesudah melakukan perhitungan biaya transaksi yang berada di pasar sekunder.

5. Dapat digunakan sebagai jaminanKeuntungan lain melakukan investasi obligasi Sukuk Ritel adalah dapat digunakan sebagai jaminan ataud apat digadaikan pada pihak lain. Tentu saja hal tersebut harus mengikuti syarat serta ketentuan yang berlaku dari setiap pihak.

Simulasi Perhitungan Investasi Obligasi SR

Ketika sudah mengetahui berbagai keuntungannya, namun tidak mengetahui perhitungan keuntungannya, sepertinya akan terasa mengganjal. Untuk perhitungan Sukuk Ritel terutama SR016, contohnya saja kamu melakukan investasi sebesar Rp1.000.000.

Dengan kupon per tahun sebesar 4,95% berarti imbal hasil yang diperoleh sebesar Rp49.500, bila dihitung perbulan Rp49.500 : 12 bulan = Rp4125. Hasil ini dikurangi dengan pajak bulanan sebesar 10% sehingga hasil akhir imbal hasilnya Rp3713. 

Perhitungan tersebut jika kamu melakukan pembelian 1 unit Sukuk Ritel. Jika kamu melakukan pembelian sebesar 10 unit Sukuk Ritel tentu perhitungannya akan berbeda. Kupon bersih yang akan kamu dapatkan sebesar Rp37.125.

Berbeda lagi jika kamu melakukan pembelian hingga 100 unit, kupon bersih yang kamu dapatkan sebesar Rp371.250. Sedangkan bila membeli Sukuk Ritel hingga 1000 unit, kupon bersih yang diperoleh setiap bulan sebesar Rp3.712.500.

Bila kamu memiliki dana di rekening sebesar Rp2 miliar, dan menggunakannya untuk pembelian obligasi Sukuk Ritel sebesar 2000 unit, besarnya kupon bersih yang diperoleh setiap bulan sebesar Rp7.425.000. 

Rekomendasi Tempat Beli Obligasi Online SR

Dengan perhitungan di atas, Sukuk Ritel bisa dijadikan sebagai pilihan menarik jika bingung memilih instrumen investasi yang akan dijadikan sebagai pilihan.

Namun, tentu saja kamu harus memilih tempat pembelian obligasi yang tepat. digibank by DBS menjadi salah satu pilihannya. Berikut berbagai keunggulan melakukan pembelian Sukuk Ritel di Aplikasi digibank by DBS, antara lain:

1. Potensi keuntungan terbuka lebar

Saat beli obligasi online, potensi keuntungan akan terbuka sangat lebar ketika dijual. Apalagi semuanya serba mudah melalui Aplikasi digibank by DBS.

2. Pembelian mulai dari Rp1 juta

Pembelian Sukuk Ritel bisa dimulai dari angka Rp1 juta. Sehingga, jika sekarang ini kamu baru tertarik dengan transaksi obligasi, kamu dapat melakukan pembelian Rp1 juta terlebih dahulu.

Namun tentu saja jika semakin besar nilai pembelian yang kamu lakukan, potensi keuntungan atau imbal hasil akan semakin besar pula. Oleh sebab itu tidak ada salahnya mengalihkan dana “menganggur” kamu untuk investasi Sukuk Ritel.

3. Imbal hasil kompetitif

Keuntungan investasi Sukuk Ritel di Aplikasi digibank by DBS lainnya adalah imbal hasil sebesar 4.95%p.a (per annum atau per tahun).

4. Dapat diperjualbelikan

Dengan menggunakan Aplikasi digibank by DBS, Sukuk Ritel yang kamu beli dapat diperjualbelikan. Obligasi sukuk Ritel SR016 ini dapat diperjualbelikan mulai 11 Juni tahun 2022 ini.

5. Imbal hasil cair setiap bulan

Bila sedang mencari investasi yang mampu memberikan keuntungan imbal hasil setiap bulan, Sukuk Ritel bisa menjadi pilihan yang tepat.

Seperti penjelasan keuntungan di atas, bayangkan saja dalam satu bulan kamu tidak melakukan apapun, namun dana akan terus cair. Tentu Sukuk Ritel dapat dijadikan sebagai pilihan passive income yang tepat.

Dengan berbagai keunggulan di atas, pembelian obligasi Sukuk Ritel di Aplikasi digibank by DBS menjadi pilihan yang terbaik. Lebih-lebih jika sekarang ini kamu sedang mencari instrumen investasi yang dapat dijadikan sebagai passive income. 

Terima kasih atas kunjungannya