BBPPMPV BMTI dan BBPPMPV Pertanian Gelar Vokasi Vokaborasi 2022

Gelar Vokasi Vokaborasi 2022


Sudah menjadi rahasia umum kalau saat ini banyak yang menjadi pemuja produk-produk luar negeri dengan alasan produk impor kualitasnya bagus. Kita cenderung lebih bangga terhadap produk orang lain daripada produk anak bangsa sendiri.


Yang lebih memprihatinkan adalah, upaya untuk memuja produk luar negeri sepertinya ditanamkan melalui berbagai cara dan berbagai media. Apa lagi saat ini dengan adanya teknologi digital yang semakin canggih, barang impor mudah kita dapatkan melalui platform e-commerce.


Sampai saat ini masih banyak orang yang berlomba-lomba untuk membeli produk luar negeri, entah itu saat mereka bepergian ke luar negeri, maupun berupaya titip beli alias jastip ketika ada teman atau saudara yang pergi ke luar negeri. Bahkan ada yang rela pergi ke luar negeri hanya untuk berbelanja barang-barang yang katanya murah dan berkualitas.


Apakah kebiasaan menjadi pemuja produk luar negeri tersebut keliru? Tanpa kita sadari, kita telah melakukan sebuah kesalahan besar bagi bangsa kita sendiri. Kita telah membunuh negeri kita sendiri karena lebih memilih produk luar negeri.


Jadi, mulai saat ini, yuk cintai produk buatan bangsa Indonesia karena uang yang kita belanjakan untuk membeli produk lokal pada akhirnya akan kembali juga kepada bangsa dan negara kita.


Gelar Vokasi Vokaborasi 2022
Pict by : Nchiehanie

Gelar Vokasi Vokaborasi 2022

Ngomongin cinta produk lokal dan bangga buatan Indonesia, kebetulan banget saya berkesempatan menghadiri acara Gelar Vokasi Vokaborasi 2022 pada Kamis, (23/6/2022), di Balai Pancaniti Gedung BBPPMPV BMTI, Jalan Pesantren Cimahi.


Acara yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi Kemendikbudristek melalui BBPPMPV BMTI dan BBPPMPV Pertanian ini mengusung tema "Kolaborasi antara Ditjen Pendidikan Vokasi dan Industri dan dunia kerja dalam mewujudkan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia."


Gelar Vokasi Vokaborasi 2022 adalah peluncuran dan pameran produk inovasi hasil dari satuan pendidikan vokasi dan industri yang telah terkurasi dengan model digital maupun produk riil. Selain itu, juga untuk memperkenalkan produk dan program unggulan BBPPMPV BMTI, BBPPMPV Pertanian, SMK, serta balai lainnya di lingkungan Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi.


Tujuan dari acara Gelar karya Vokasi ini adalah untuk menguatkan program link and match antara lembaga pendidikan dan dunia usaha atau industri untuk menciptakan pendidikan yang berkualitas sesuai dengan tuntutan kompetensi dunia usaha atau industri.


Selain itu, juga untuk merealisasikan peluncuran produk inovasi hasil mutasi Sekolah Vokasi dan industri dengan model digital maupun produk riil, serta tersampaikannya hasil produk dan program unggulan BBPPMPV BMTI dan BBPPMPV Pertanian.


Ruang lingkup kegiatan Gelar Vokasi Vokaborasi 2022 yang diselenggarakan di area BBPPMPV BMTI ini terdiri dari tiga bagian, yaitu soft launching, expo, dan pentas seni.


Gelar Vokasi Vokaborasi 2022

Soft Launching Gelar Vokasi Vokaborasi 2022

Acara soft launching Vokasi Vokaborasi 2022 yang dilaksanakan di dalam gedung Balai Pancaniti Gedung BBPPMPV BMTI ini berlangsung sangat meriah. Sebelum acara dimulai, terlebih dahulu dilakukan penyambutan tamu VIP dengan tarian tradisional yang diiringi tabuhan musik gamelan Sunda oleh anak-anak SMK.


Dalam acara ini hadir secara virtual Sekretaris Jenderal Kementerian Pendidikan Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) sekaligus Plt Direktur Jenderal Bidang Vokasi Ir. Suharti, M.A., Ph.D., hadir secara langsung, Sekretaris Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi dan Plt. Direktur Kursus dan Pelatihan Dr. Wartanto, M.M., Direktur Sekolah Menengah Kejuruan, Ditjen Pendidikan Vokasi Dr. Drs. Wardani Sugiyanto, M.Pd., Direktur Kelembagaan dan Sumber Daya Pendidikan Tinggi Vokasi Dr. Henri Togar Hasiholan Tambunan, S.E., M.A., dan Kepala BBPPMPV BMTI Supriyono, M.Si.


Ir. Suharti, M.A., Ph. D, menyampaikan harapannya agar melalui kegiatan ini menjadi tambahan energi sehingga pendidikan vokasi dan industri bisa terus berkolaborasi untuk dapat memproduksi barang-barang kebutuhan dalam negeri juga senantiasa berinovasi dan melakukan penelitian yang berkualitas untuk menemukan solusi atas permasalahan yang dihadapi oleh Indonesia.


Beliau juga memberikan tantangan agar pendidikan Vokasi memproduksi barang-barang untuk pendidikan yang saat ini banyak diimpor dari luar negeri. Kita punya SDM yang sangat banyak, dan kita tidak khawatir dengan market karena tidak sulit menemukan pasar asalkan menyiapkan produk yang lebih baik.


Dr. Wartanto, M.M., juga menyampaikan harapan yang serupa tetapi lebih jauh beliau berharap dengan adanya kegiatan Gelar Vokasi Tahun 2022 semakin banyak masyarakat yang mengetahui produk karya anak bangsa dan mengedukasi masyarakat agar bangga pada produk buatan Indonesia, sehingga hal ini berpengaruh pada meningkatnya penggunaan produk dalam negeri.


Beliau berpendapat bahwa kemakmuran Indonesia bisa dicapai melalui masyarakat yang mencintai dan menggunakan produk dalam negeri dan hal ini merupakan akhir yang luar biasa. Kualitas produk dalam negeri tidak kalah dengan produk luar, sehingga penggunaan produk dalam negeri harus dilakukan.


Gelar Vokasi Vokaborasi 2022

Expo Gelar Vokasi Vokaborasi 2022

Expo adalah tempat pameran produk inovasi hasil dari satuan pendidikan vokasi dan industri yang telah terkurasi, sekaligus tempat untuk memperkenalkan produk dan program unggulan BBPPMPV BMTI-Pertanian serta balai lainnya di lingkungan Direktorat Jenderal Pendidikan.


Sedikitnya 120 peserta terlibat dalam pameran ini yang terdiri dari Unit Utama Pendidikan Vokasi, BBPPMPV, pelaku industri terkait bidang rekayasa teknologi dan pertanian, sepuluh Sekolah Menengah Kejuruan terbaik di Indonesia, dan sepuluh Dunia Usaha dan Industri yang selama ini melakukan link and match dengan sekolah.


Area expo vokaborasi dibagi menjadi tiga bagian yaitu revolution industri zone, robotic & techno zone, dan agri culture zone. Di masing-masing zona inilah berbagai macam produk karya anak bangsa dipamerkan dari mulai produk makanan, pakaian, hingga alat simulator dan robot.


Di salah satu area expo terlihat Ship Simulator hasil karya Pendidikan Vokasi yang diproduksi sendiri oleh bangsa Indonesia. Sungguh sangat membanggakan karena yang selama ini produksi Ship Simulator dikuasai asing, kini sudah bisa diproduksi sendiri di Indonesia.


Ship Simulator karya vokasi ini pada 22 April 2022 telah resmi nyantol di e-katalog nasional yaitu LKPP, dan pada 31 Mei 2022 nanti akan dilakukan peluncuran perdana Ship Simulator oleh Kemenkomarves.


Perlu kita ketahui juga, selama ini BBPPMPV BMTI telah membuat Green Management System yaitu bagaimana budaya hemat energi. Green Management System yaitu energi listrik yang ramah lingkungan.


Salah satunya adalah pembangkit listrik tenaga surya yang dibangun di lingkungan BBPPMPV BMTI dan sudah diterapkan di kantor BBPPMPV BMTI.  Terbukti dengan adanya Green Management System ini bisa menghemat pengeluaran sebesar 16 juta rupiah per bulan.


Gelar Vokasi Vokaborasi 2022

Pentas Seni Gelar Vokasi Vokaborasi 2022

Pentas seni menjadi ajang pelengkap Gelar Vokasi Vokaborasi 2022 dengan menampilkan kesenian tradisional karya anak SMK dan ada juga pertunjukan musik moderen dari musisi lokal dengan menampilkan beberapa bintang tamu.


Untuk tempat pentas seni dibagi menjadi tiga lokasi, yaitu di dalam Gedung Pancaniti, di halaman gedung, dan di area expo. Dengan adanya pentas seni ini, pengunjung pameran merasa terhibur karena nggak hanya mendengarkan suara mesin simulator. Suasana pameran terasa lebih meriah karena disuguhi alunan lagu dan musik di booth pentas seni.


Saya senang sekali bisa hadir di acara Gelar Vokasi Vokaborasi 2022 ini. Semoga dengan adanya Vokaborasi ini dapat tercipta harmonisasi antara Pendidikan Vokasi dengan industri yang nantinya akan menghasilkan Sumber Daya Manusia dengan kemampuan yang diakui oleh industri serta memiliki tingkat keberkerjaan yang tinggi. Aamiin...!


BBPPMPV BMTI dan BBPPMPV Pertanian
Pict by : BBPPMPV BMTI

Pendidikan Vokasi di BBPPMPV BMTI dan BBPPMPV Pertanian

Program Pendidikan Vokasi adalah program pendidikan pada jenjang perguruan tinggi yang bertujuan untuk mempersiapkan tenaga yang dapat menerapkan keahlian dan keterampilan di bidangnya, siap kerja dan mampu bersaing secara global.


Lulusan Program Pendidikan Vokasi diarahkan dan mampu memasuki pasar kerja di bidang industri atau swasta, lembaga pemerintah maupun non pemerintah atau berwiraswasta. Kesiapan Sumber Daya Manusia tersebut memasuki bursa kerja karena beban pengajaran pada program pendidikan di vokasi lebih mengutamakan praktek untuk mengasah keterampilan dibandingkan dengan penguasaan teori


Sesuai Perpres No.82 Tahun 2019 tentang Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang melahirkan Direktorat Jenderal baru yakni Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi yang memiliki tanggung jawab sekaligus menjadi harapan besar pemerintah untuk menghasilkan SDM Indonesia yang kompetitif dan berdaya sangsi tingkat Global dan Internasional.


Dirjen Vokasi saat ini memiliki tujuh Balai untuk mendukung pengembangan kompetensi soft skill dan hard skill. Seperti yang kita ketahui, BBPPMPV BMTI memiliki beberapa program, yakni, Program Keahlian Teknik Mesin, Ketenagalistrikan, Las dan Fabrikasi Logam, Elektronika dan Informatika, Otomotif, Teknik Sipil dan Perencanaan, Teknik Energi Terbarukan, serta Pengajaran Umum.


Sedangkan BBPPMPV Pertanian memiliki program Pengembangan Agribisnis Tanaman dan Kehutanan, Pengembangan Agribisnis Peternakan dan Kesehatan Ternak, Pengembangan Agribisnis Perikanan, Pengembangan Agribisnis Agroindustri dan Teknik Kimia, Pengembangan Sain Terapan, Otomatisasi Pertanian dan Pengajaran Umum.


Alamat BBPPMPV BMTI :

Jl. Pesantren No.KM, RW.2, Cibabat, Kec. Cimahi Utara, Kota Cimahi, Jawa Barat 40514.

Telepon: (022) 6652326.

Terima kasih atas kunjungannya