Mengenal Cara Kerja Remittance Sebelum Bertransaksi

Mengenal Cara Kerja Remittance Sebelum Bertransaksi

Pic by : https://www.freepik.com

Mengenal Cara Kerja Remittance Sebelum Bertransaksi - Bagi sebagian masyarakat di Indonesia mungkin sering menggunakan layanan Remittance di dunia perbankan. Oleh karena itu, kamu perlu memahami beberapa hal yang berkaitan dengan layanan ini sebelum bertransaksi menggunakan layanan ini. Mulai dari memahami pengertian, jenis, komponen, dan cara kerja dari layanan tersebut.

Apa Itu Remittance?

Tahukah apa itu Remittance? Remittance merupakan layanan perbankan yang disediakan oleh pihak bank maupun non-bank untuk melakukan transaksi pengiriman uang ke luar negeri. Pada umumnya, layanan ini menggunakan valuta asing sebagai alat transaksi dan digunakan sesuai kebutuhan.

Pengiriman uang ke luar negeri biasanya dilakukan oleh individu yang memiliki sanak saudara di negara tertentu atau transaksi bisnis antar negara. Selain terkenal sebagai layanan perbankan yang bisa digunakan antar negara, layanan ini juga terkenal sebagai layanan dengan biaya transfer ke luar negeri yang murah.

Jenis-jenis Remittance

Setelah mengetahui pengertian singkat dari layanan pengiriman uang ke luar negeri, kamu juga perlu memahami apa saja jenis Remittance. Berikut 2 jenis layanan Remittance yang seringkali digunakan oleh masyarakat.

1. Outward Remittance

Jenis outward Remittance merupakan layanan perbankan yang digunakan untuk mengirim uang dari dalam negeri ke luar negeri. Jenis pengiriman ini menggunakan transaksi berupa mata uang lokal dan penerima akan mendapatkannya dalam bentuk valuta asing.

Biasanya, layanan jenis ini digunakan oleh masyarakat yang memiliki sanak keluarga yang sedang bekerja atau menuntut ilmu di luar negeri. Sehingga bisa tetap berkirim uang walaupun tidak menetap di negara yang sama.

2. Incoming Remittance

Selanjutnya yaitu jenis incoming Remittance yang menjadi layanan perbankan untuk pengiriman uang dari luar negeri ke dalam negeri. Pengiriman uang menggunakan layanan jenis ini menggunakan mata uang asing yang kemudian dikirimkan kepada penerima dalam bentuk mata uang lokal.

Biasanya, layanan jenis ini digunakan oleh para pekerja di luar negeri yang ingin mengirimkan uang pada sanak keluarga di dalam negeri. Jenis layanan pengiriman uang ini merupakan salah satu cara untuk meningkatkan perekonomian Negara agar semakin baik.

Komponen dan Cara Kerja Remittance

Setelah memahami beberapa ulasan di atas, kita juga perlu mengetahui komponen dan cara kerja Remittance. Yuk, simak ulasan berikut ini secara lengkap untuk mengetahui apa saja komponen dan bagaimana cara kerja pengiriman uang ke luar negeri.

1. Komponen dalam Layanan Remittance

Beberapa komponen Remittance sangatlah penting untuk kita ketahui karena seringkali muncul dalam layanan pengiriman uang ke luar negeri. Berikut ini beberapa istilah yang menjadi komponen dalam layanan Remittance.

  • Beneficiary

Istilah pertama yang sering ditemukan ketika menggunakan layanan ini adalah istilah Beneficiary. Beneficiary adalah pihak yang identitasnya terdaftar dalam formulir dalam layanan ini sebagai penerima dana dari pengirim.

  • Beneficiary Bank

Selain pihak penerima, kita juga akan menemukan istilah atau komponen lain dengan sebutan Beneficiary Bank. Beneficiary Bank merupakan pihak bank yang memiliki tanggungan untuk meneruskan transaksi pengiriman uang dari bank lain ke pihak penerima.

  • Remitting Bank

Selanjutnya adalah komponen Remitting Bank. Remitting Bank merupakan pihak bank yang memiliki layanan Remittance untuk melakukan transaksi pengiriman uang ke luar negeri.

  • Correspondent Bank

Komponen terakhir yaitu disebut dengan istilah Correspondent Bank. Correspondent Bank yaitu pihak yang menjadi perantara antara Beneficiary Bank dan Remitting Bank untuk memastikan dana agar sampai kepada pihak penerima.

2. Cara Kerja Remittance


Pic by : https://www.freepik.com

Lalu bagai mana cara kerja layanan remittance tersebut?

Berikut ini beberapa langkah yang bisa kita lakukan untuk mengirim uang ke luar negeri dengan aman dan biaya transfer yang terjangkau.

  • Pengirim mengakses layanan Remittance secara langsung dengan mendatangi bank terdekat atau menggunakan aplikasi yang tersedia.

  • Setelah itu, pengirim perlu mengisi formulir untuk pengiriman uang secara jelas dan lengkap untuk memastikan dana tersebut sampai pada pihak penerima. Formulir pengiriman uang ke luar negeri terdiri dari identitas penerimaan dan jumlah dana yang akan dikirimkan.

  • Selanjutnya, bila kamu menjadi nasabah maka proses pengiriman uang bisa dilakukan dengan mudah menggunakan dana dalam rekening tabungan untuk diubah dalam bentuk valuta asing.

  • Kemudian proses pengiriman uang ke luar negeri akan dilanjutkan dengan menunjukkan bukti Correspondent Bank sebagai perantara antara bank pengirim dengan bank tujuan milik penerima.

  • Terakhir, bank tujuan milik penerima akan mengirimkan uang yang ditransfer kepada pihak dengan identitas yang tertera.

Keunggulan Produk Transfer Valas digibank by DBS

Lalu, apa untungnya menggunkan layanan remittance? Berikut ini keunggulan produk Transfer Valas digibank by DBS untuk mengirim uang ke luar negeri.

1. Bebas Akses Seharian

Keunggulan pertama yaitu memiliki bebas akses transaksi pengiriman uang ke luar negeri seharian. Nasabah bisa mengakses layanan ini selama 24/7 melalui Aplikasi digibank by DBS tanpa perlu ke kantor cabang.

2. Biaya Transfer ke Luar Negeri Gratis

Selanjutnya, nasabah bisa menikmati biaya transfer ke luar negeri gratis menggunakan layanan Transfer Valas digibank by DBS. Yaitu dengan syarat pengiriman uang ke 20 negara dengan 7 mata uang seperti USD, SGD, AUD, EUR, HKD, CAD, dan GBP.

3. Memiliki FX Rate Terkini

Kemudian, nasabah digibank by DBS juga bisa menikmati FX rate terbaik dan kompetitif tanpa ada biaya tambahan lainnya saat menggunakan Transfer Valas digibank by DBS. Sehingga proses transfer lebih ringan.

4. Proses Transaksi yang Cepat

Terakhir, nasabah digibank by DBS bisa menikmati proses transaksi pengiriman uang ke luar negeri yang cepat dan sampai dalam sehari. Yaitu dengan catatan transaksi dilakukan sebelum batas waktu yang ditentukan.

Bagaimana, menarik bukan beberapa ulasan di atas yang perlu dipahami sebelum melakukan transaksi? Demikian ulasan singkat mengenai pengertian, jenis, komponen, dan cara kerja Remittance, semoga bermanfaat.

Terima kasih atas kunjungannya