Bandung Jadi Tuan Rumah Forum MPR Dunia

Bandung Jadi Tuan Rumah Forum MPR Dunia


Bandung Jadi Tuan Rumah Forum MPR Dunia - Bandung banyak menyimpan sejarah perjuangan kemerdekaan yang sangat berharga. Di kota ini juga pernah diselenggarakan peristiwa bersejarah Konferensi Asia Afrika yang bertujuan untuk mewujudkan perdamaian dunia, memperkuat solidaritas dan kerja sama Asia dan Afrika, serta memperjuangkan nasib negara-negara di Asia dan Afrika.


Selain itu, Kota Bandung juga memiliki hubungan erat dengan Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia (MPR RI), karena dulu MPR RI saat berstatus MPRS pernah berkantor di Gedung Merdeka dari tahun 1960 sampai 1971. Bandung juga terkenal dengan udaranya sejuk, masyarakatnya ramah, dan kulinernya yang enak.


Bandung memang istimewa. Jadi, nggak salah dong kalau Bandung dipilih sebagai tuan rumah Konferensi Forum Majelis Permusyawaratan Rakyat Dunia (Forum MPR Dunia) yang akan dilaksanakan pada tanggal 24 - 26 Oktober 2022.


Kang Putra, apaan sih  Forum MPR Dunia? Yup, kebetulan banget kemarin saya berkesempatan hadir di acara diskusi dengan netizen yang diselenggarakan oleh MPR RI, pada Sabtu 22 Oktober 2022, bertempat di hotel Novotel, Bandung.


Acara ngobrol santai yang mengusung tema "Penguatan Diplomasi Majelis Permusyawaratan/Lembaga Senat melalui Forum Majelis Permusyawaratan Dunia" ini dihadiri oleh Wakil Ketua MPR Prof. Dr. Ir. Fadel Muhammad, Plt. Deputi Bidang Administrasi Setjen MPR RI Siti Fauziah, SE, MM, Kepala Bagian Pemberitaan dan Hubungan Antarlembaga, Biro Humas dan Sistem Informasi Setjen MPR Budi Muliawan, SH, MH.


Konferensi Forum MPR Dunia di Bandung

Menurut penjelasan Bapak Fadel Muhammad, Forum MPR Dunia adalah Konferensi Internasional yang diikuti para Ketua Majelis Permusyawaratan, Majelis Syuro, atau lembaga sejenis dari negara-negara anggota kerja sama Islam. 


MPR RI telah mengundang ketua majelis permusyawaratan atau majelis syuro dari negara-negara anggota kerja sama Islam yang berjumlah lebih dari 50 negara. Namun ada beberapa delegasi yang berhalangan hadir, jadi hanya 13 negara yang hadir dalam konferensi pembentukan Forum MPR Dunia di Bandung. 


Dengan penyelenggaraan konferensi internasional yang diikuti para ketua majelis permusyawaratan atau majelis syuro ini, MPR Indonesia diharapkan memiliki hubungan internasional dalam bidang parlemen, terutama untuk majelis tinggi (upper house).


Forum MPR Dunia atau nama lain yang disepakati nanti tidak akan tumpang tindih dengan forum-forum parlemen yang sudah ada selama ini. Forum ini akan lebih banyak membicarakan kerjasama antar-majelis permusyaratan dan masalah-masalah perdamaian dunia.


Berikut ini adalah tujuan diselenggarakannya Konferensi Internasional Ketua Majelis Permusyawaratan, Majelis Syura atau nama sejenis lainnya dari negara-negara anggota organisasi kerjasama Islam:

1. Membangun kerjasama antar Majelis Permusyawaratan Rakyat atau lembaga sejenis di negara-negara anggota organisasi kerjasama Islam dalam bidang perdamaian, keamanan, demokrasi, hak asasi manusia, toleransi, budaya, dan dorongan kemajuan pembangunan.

2. Membangun sinergi antar pemangku kepentingan , dari aktor negara, parlemen dan non-negara.

3. Menghadirkan tambahan/alternatif forum untuk memaksimalkan funsi diplomasi keparlemenan.


Rangkaian Acara Forum MPR Dunia

Acara yang digagas oleh MPR RI ini konsepnya mirip Konferensi Asia Afrika. Seluruh tamu delegasi akan meninap di Hotel Pullman, Bandung.  Acara pembukaan akan diselenggarakan pada tanggal 24 Oktober 2022 di hotel Pullman dengan suguhan kesenian tradisional Jawa Barat.


Acara puncak Konferensi Forum MPR Dunia diselenggarakan pada 25 Oktober 2022. Beberapa ruas jalan utama di sekitar Jalan Asia Afrika akan ditutup dan arus lalu-lintas akan dialihkan sementara selama acara berlangsung.


Sama seperti acara peringatan Konferensi Asia Afrika, para delegasi dijadwalkan mengikuti historical walk dengan berjalan kaki dari Hotel Savoy Homann hingga memasuki Gedung Merdeka yang menjadi tempat Konferensi Asia Afrika.


Setelah selesai acara konferensi Forum MPR Dunia, para delegasi akan kembali ke Hotel Pullman. Kemudian, penutupan rangaian acara Forum MPR Dunia akan dilaksanakan pada 26 Oktober 2022 di Hotel Pullman.

Terima kasih atas kunjungannya