Berhenti Mempersulit Diri Sendiri Jika Tidak Ingin Hidup Semakin Sulit

Berhenti Mempersulit Diri Sendiri
Sumber gambar : pixabay.com.

Berhenti Mempersulit Diri Sendiri Jika Tidak Ingin Hidupmu Semakin Sulit - Tanpa disadari saya sering melakukan hal-hal yang justru mempersulit diri sendiri. Saya memang orangnya kurang sabaran dalam menyikapi segala hal. Walau saya tahu bahwa hal itu adalah mustahil, tapi tetap saja memaksakannya sehingga akhirnya sikap tersebut justru menyulitkan diri saya sendiri.


Teman saya pernah ngomong begini "Hidup ini sudah sulit, jangan kau tambah sulit" dengan semua sikap dan cara berpikirmu. Dia pun memberi saran agar saya berhenti mempersulit diri sendiri jika tidak ingin hidup semakin sulit dengan cara stop melakukan hal-hal berikut ini:


Suka membandingkan diri sendiri dengan orang lain

Di dunia ini akan selalu ada orang yang lebih daripadamu lebih pintar, lebih cantik, lebih ganteng, lebih kaya, dan lebih segala-galanya. Membandingkan diri sendiri dengan orang lain hanya akan membuat kamu tidak bersyukur, sedih, dan tidak bersemangat. Seberapa hebat sukses dan kaya seseorang bukan berarti hidupnya selalu indah dan bahagia. Kamu tidak tahu perjuangan air mata dan kerja keras mereka. Fokuslah kepada diri sendiri agar dapat semakin berkembang dan selangkah lebih maju dari kemarin.


Khawatir yang berlebihan

Semua orang pasti pernah dilanda kekhawatiran dalam hidupnya. Namun, khawatir yang berlebihan hanya akan menambah beban hidupmu. Kamu cenderung tidak tenang dan gelisah sepanjang waktu. Kamu harus bisa mengontrol kekhawatiranmu dan ciptakan energi positif serta motivasi dalam diri sendiri.


Hidup dalam masa lalu

Setiap dari kita mempunyai masalah lalu, entah baik ataupun buruk masa lalu kita tidak ada yang bisa mengubahnya. Berhenti untuk hidup dalam bayang-bayang masa lalu, karena jika kita terus menoleh ke belakang maka kita tidak bisa fokus untuk menjalani apa yang ada di depan mata.


Fokus dengan kesenangan dunia bukan ketenangan jiwa 

Jika kita hanya fokus kepada kemewahan, kekayaan, jabatan, status sosial, dan semua kesenangan yang ditawarkan Dunia ini. Maka kita akan terjerat dalam lingkaran gengsi, keserakahan, juga kesombongan yang akan mempersulit hidupmu serta tidak mendatangkan ketenangan jiwa dan pikiran.


Terlalu kepo dan suka mencampuri kehidupan orang lain

Nggak ada hidup yang selalu mudah dan tanpa rintangan. Kamu harus tahu apa yang menjadi prioritasmu dan kerjakan bagianmu. Jangan buang waktumu untuk ghibah atau ngomongin orang lain. Berhenti untuk terlalu kepo dan mencampuri kehidupan orang lain, Jika tidak ingin hidupmu tambah sulit.


Selalu mengiyakan segala sesuatu

Jika kamu tipe orang yang gak enakan, selalu mengiyakan segala sesuatu, terlalu sering mengalah, dan jarang mengutarakan apa yang kamu rasa. Bersamaan dengan ini kamu membuat hidupmu makin susah dan berpotensi dimanfaatkan oleh banyak orang. Kamu tidak perlu selalu mengiyakan segala sesuatu dan tidak perlu Selalu mengalah jika kamu memang tidak salah atau tidak bersedia melakukannya. Kamu bukan robot jika tidak ingin menambah beban hidupmu kamu harus belajar berkata tidak.


Tidak mempergunakan waktu dengan baik

Kita seringkali terlena dan asik dengan zona nyaman kita, sehingga tidak sadar jika banyak waktu yang telah kita sia-siakan begitu saja. Mohon jangan komplain jika hidupmu makin susah. Jika kita bisa mempergunakan waktu dengan baik untuk hal-hal yang berguna dan bermanfaat, maka cepat atau lambat kamu akan merasakan hasil dari ketekunanmu.


Menghabiskan waktu dengan orang yang selalu membuatmu sedih

Kita hidup selalu dikelilingi oleh banyak orang. Jika beberapa orang selalu membuat kamu sedih dan terpuruk, pergilah dari mereka. Kamu bukan pohon, berhenti mempersulit hidupmu sendiri. Selalu ada orang yang lebih baik dan bisa mendatangkan bahagia dalam hidupmu. Kamu hanya perlu melepaskan genggamanmu dari mereka yang menyakitimu.


Tidak ada tujuan yang jelas

Dalam hidup kamu boleh mempunyai semangat yang tinggi. Tapi jika kamu tidak mempunyai tujuan yang jelas maka kamu akan kehilangan arah dan lambang gitu aja. Semangat tanpa tujuan sama seperti angan-angan. Kamu bosan dan ingat sekali pergi keluar tapi kamu nggak tahu mau pergi kemana.


Tidak memperhatikan kesehatan diri sendiri

Kesehatan adalah hal krusial yang harus diperhatikan, jika tidak ingin hidupmu tambah sulit perhatikan kondisi kesehatanmu. Jika fisik dan mentalmu sehat maka kamu bisa aktif dan produktif serta dapat melahirkan ide-ide Cemerlang yang akan mengubah hidupmu menjadi lebih baik.



Itulah tadi beberapa tips berhenti mempersulit diri sendiri jika tidak ingin hidup semakin sulit dari teman saya. Ini bukan pepatah, tulisan ini hanya pengingat yang bisa saya baca kapan saja disaat membutuhkannya. Semoga bermanfaat buat diri saya sendiri dan buat kamu yang membutuhkan. 

Terima kasih atas kunjungannya