6 Cara Agar Cepat PMS yang Harus Kaum Wanita Ketahui

Cara Agar Cepat PMS

6 Cara Agar Cepat PMS yang Harus Kaum Wanita Ketahui - Bagaimana Cara Agar Cepat PMS


PMS (Premenstrual Syndrome) adalah momen saat kaum wanita akan memasuki masa menstruasi. Di momen inilah mereka akan mengalami banyak gejala fisik, psikologi, dan emosi yang terkait dengan siklus menstruasi.


Nggak heran kalau istri saya jadi lebih sensitif, cepat marah, gelisah, atau susah diajak bicara saat PMS. Sebagai seorang lelaki, awalnya saya merasa heran dan bingung harus bagaimana menghadapi istri yang sedang PMS. Serba salah, karena apapun yang saya lakukan malah jadi bumerang bagi diri saya sendiri.


Saat ditanya, alasannya adalah karena perubahan hormon. Apakah benar efek perubahan hormon saat PMS bisa bikin wanita gampang marah?


Cara Agar Cepat PMS yang Harus Kaum Wanita Ketahui

Saat PMS, hormon progesteron diduga mengganggu sirkulasi kimia otak, termasuk hormon pengatur mood yang disebut serotonin. Kondisi ini akan memengaruhi amygdala, struktur otak yang berkaitan dengan emosi.


Sebagai solusinya, saya hanya bisa bersabar dan mengalah karena lelaki akan selalu salah di mata wanita yang sedang PMS.


Meskipun PMS tidak dapat dicegah, ada beberapa cara mengurangi gejala PMS yang sarankan kepada istri saya  dan mungkin bermanfaat juga buat kaum wanita lainnya. Berikut adalah 6 Cara Agar Cepat PMS yang Harus Kaum Wanita Ketahui:

1. Olahraga secara teratur.
Olahraga dapat membantu mengurangi gejala PMS. Ini karena olahraga dapat meningkatkan aliran darah ke otak, yang dapat membantu mengurangi gejala depresi dan stres yang terkait dengan PMS. Selain itu, olahraga dapat membantu melepaskan endorphins (hormon yang meningkatkan suasana hati) ke dalam tubuh.

2. Makan makanan sehat.
Diet yang diimbangi dengan nutrisi yang tepat dapat membantu mengurangi gejala PMS. Makanan yang dianjurkan untuk mencegah PMS adalah makanan yang tinggi protein dan serat seperti buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, ikan, dan produk susu rendah lemak. Selain itu, kamu juga harus menghindari makanan yang mengandung banyak garam, gula, dan lemak jenuh untuk mengurangi gejala PMS.

3. Menjaga pola tidur yang baik.
Tidur yang cukup dapat membantu mengurangi gejala PMS. Sebaiknya, kamu tidur sekitar 8 jam setiap malam agar tubuh kamu dapat memulihkan energinya. Jika kamu memiliki masalah tidur, dapat mencoba relaksasi atau meditasi sebelum tidur.

4. Menghindari alkohol.
Alkohol dapat membuat gejala PMS menjadi lebih parah. Ini karena alkohol dapat mengurangi tingkat serotonin (hormon yang mengontrol suasana hati dan nafsu makan) dalam tubuh. Jika ingin mengurangi gejala PMS, kamu harus menghindari atau mengurangi konsumsi alkohol.

5. Mengonsumsi suplemen vitamin.
Vitamin B6 dan vitamin E telah terbukti dapat membantu mengurangi gejala PMS. Vitamin B6 dapat membantu meningkatkan suasana hati, sementara vitamin E dapat membantu mengurangi sakit kepala dan keluhan mual. Kamu dapat mengonsumsi suplemen vitamin untuk membantu mengurangi gejala PMS.

6. Berpikir positif.
Pikiran dapat memengaruhi bagaimana kamu merasakan gejala PMS. Pikiran negatif dapat membuat gejala PMS menjadi lebih parah. Berusaha untuk tetap positif dan optimis ketika merasakan gejala PMS. Kamu juga bisa mencoba melakukan meditasi untuk menenangkan pikiran.

Itulah tadi artikel tentang 6 Cara Agar Cepat PMS yang Harus Kaum Wanita Ketahui. Meskipun PMS tidak dapat dicegah, kamu dapat mengurangi gejala tersebut dengan melakukan beberapa cara di atas. Jika gejala PMS masih berlanjut, cobalah berbicara dengan dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Terima kasih atas kunjungannya