Liburan Saat Ramadhan, Kunjungi Kampung Arab di Indonesia!

Liburan saat Ramadhan, Kunjungi Kampung Arab di Indonesia!
Liburan saat Ramadhan, Kunjungi Kampung Arab di Indonesia!
Sumber gambar: instagram.com

 

Liburan Saat Ramadhan, Kunjungi Kampung Arab di Indonesia! - Salah satu destinasi tempat yang menarik dikunjungi saat Ramadhan dan lebaran adalah Kampung Arab. Di Indonesia ada sejumlah tempat wisata Kampung Arab terkenal yang bisa kamu datangi. Lokasinya berada di Jakarta, hingga sejumlah kota lainnya. 


Waktu yang paling tepat untuk mengunjungi Kampung Arab adalah saat bulan Ramadhan. Di kampung Arab, kamu bisa merasakan pengalaman budaya, mencicipi kuliner, hingga membeli pernak-pernik khas Timur Tengah. Tentu saja sebelum berwisata ke Kampung Arab ada beberapa hal yang perlu disiapkan, salah satunya adalah keuangan.


Untuk memudahkan berbagai keperluan transaksi saat di kampung Arab, kamu bisa memanfaatkan layanan digital banking. Kamu bisa menggunakan mobile banking untuk melakukan pembayaran saat berburu kuliner atau membeli berbagai barang khas Timur Tengah. 


Kamu bisa memanfaatkan QRIS untuk melakukan pembayaran non tunai, sehingga proses transaksi bisa lebih praktis. Kamu pastinya sudah tidak sabar untuk mengagendakan wisata ke Kampung Arab saat Ramadhan. Lalu di mana saja sih Kampung Arab yang ada di Indonesia?


Mengunjungi Kampung Arab di Indonesia

Terdapat beberapa destinasi wisata Kampung Arab yang ada di Indonesia. Kamu bisa melakukan wisata religi ke kampung Arab, sambil menikmati kuliner dan belanja pernak pernik khas Timur Tengah. Berikut sejumlah Kampung Arab yang cocok dikunjungi saat Ramadhan:


Kampung Arab Pekojan

Jika ingin merasakan nuansa ala Timur Tengah saat Ramadhan, kamu bisa mengunjungi Kampung Arab Pekojan. Kampung Arab ini berlokasi di Jalan Pekojan, Kecamatan Tambora, Jakarta Barat. Kampung Arab ini selalu ramai oleh wisatawan saat bulan puasa, baik yang datang dari dalam kota maupun luar daerah. 


Di Kampung Arab Pekojan terdapat bangunan bersejarah berupa tiga masjid tua yang berdiri sejak zaman kolonial. Ketiga bangunan yang kini menjadi cagar budaya tersebut, yaitu Masjid An Nawier, Masjid Langgar Tinggi, dan Masjid Al-Anshor. Dulunya kawasan ini merupakan bandar tersibuk sehingga banyak pedagang dari Arab yang berlabuh dan akhirnya menetap. 


Karena dulunya pelabuhan, di Pekojan tidak hanya menjadi tempat bermukim orang-orang dari Arab. Namun juga diisi oleh orang dari India dan Tionghoa. Kampung Arab Pekojan bisa menjadi destinasi wisata religi yang bisa kamu kunjungi bersama keluarga. Selain itu, di sini juga terdapat berbagai sajian kuliner khas Timur Tengah yang bisa dicicipi untuk santapan buka puasa.


Liburan saat Ramadhan, Kunjungi Kampung Arab di Indonesia!
Liburan saat Ramadhan, Kunjungi Kampung Arab di Indonesia!
Sumber gambar: instagram.com


Kampung Arab Sunan Ampel Surabaya

Kampung Arab lainnya yang selalu ramai saat Ramadhan adalah Kampung Arab Sunan Ampel. Lokasi Kampung Arab ini berada di Jalan Ampel Kejeron I Nomor 4, Ampel, Semampir, Surabaya. Tempat ini terkenal sebagai tujuan wisata religi karena terdapat makam Sunan Ampel. 


Di kawasan inilah dulu Sunan Ampel menyebarkan agama Islam pada abad ke-15. Selain itu, dulunya di sini banyak pedagang dari Timur Tengah yang berdatangan. Karena sejarah itulah kawasan ini banyak didiami oleh orang keturunan Arab. Nuansa seperti berada di Arab terasa kental apabila berkunjung ke sini saat bulan Ramadhan.


Selain wisata religi, di Kampung Arab Sunan Ampel, kamu juga bisa menikmati berbagai makanan khas Timur Tengah. Juga bisa membeli berbagai barang dan pernak-pernik, seperti busana muslim, minyak wangi, perlengkapan ziarah, dan lainnya. Apabila datang di momen yang tepat, kamu bisa melihat penampilan musik gambus dan marching band yang dimainkan oleh warga keturunan Arab. 


Kampung Arab Al-Munawar Palembang

Di Sumatera Selatan tepatnya di Kota Palembang, juga terdapat Kampung Arab Al-Munawar. Kampung Arab ini terletak di Jalan Munawar, Al Haddad Nomor 13, Seberang Ulu II, Palembang. Mayoritas warga yang tinggal di kawasan ini adalah orang keturunan Arab. Dulunya, pendahulu mereka datang ke sana untuk berdagang sekaligus menyebarkan agama Islam. 


Di Kampung Arab Al Munawar, kamu bisa melakukan wisata religi sekaligus sejarah. Bisa juga mengunjungi beberapa bangunan bersejarah, mulai dari masjid, mushola, hingga rumah-rumah di pemukiman warga. Di sini juga terdapat aturan khusus, yakni pengunjung wajib memakai pakaian sesuai syariat Islam. 


Saat pertama kali menginjakkan kaki ke kawasan ini, kamu akan langsung merasakan nuansa khas timur tengah. Di dermaga yang menghadap Sungai Musi, terdapat bangunan bergaya Turki dengan kubah yang khas. Selain itu, masyarakat di sini juga mengenakan pakaian ala orang Arab. Penduduk perempuan mengenakan pakaian abaya dan burqa


Embong Arab Malang

Embong Arab Malang juga bisa dijadikan pilihan wisata religi saat Ramadhan. Kampung Arab ini berada di Jalan Syarif Al-Qodri, Embong Arab, Kasin, Kecamatan Klojen, Malang. Tempat ini memang sudah terkenal sebagai kawasan yang ditinggali oleh warga keturunan Arab. Nuansa Arab akan kamu rasakan saat mengunjungi kawasan ini. 


Kamu bisa berkunjung kesini saat Ramadhan untuk hunting kuliner khas timur tengah dan berbagai pernak-perniknya. Di Embong Arab terdapat ruko-ruko khas Arab yang berjejeran menawarkan dagangannya. Kamu bisa mencicipi berbagai kuliner, seperti roti maryam yang dicocol dengan gulai kambing. Selain itu, bisa juga bisa membeli kurma, oleh-oleh haji, obat herbal, dan sebagainya. 


Kampung Arab Pekalongan

Kampung Arab Pekalongan merupakan kawasan di Panturan (Pantai Utara Jawa) yang dihuni oleh warga keturunan Arab. Kampung Arab ini berada di Jalan Surabaya, Sugihwaras, Kota Pekalongan. Dulunya di sini menjadi pusat pendidikan agama Islam yang disebarkan oleh ulama dari Hadramaut bernama Habib Husein Bin Salim Alatas. 


Seiring berjalannya waktu, banyak pedagang dari Arab yang datang ke sini dan bermukim. Bahkan kawasan ini dulunya menjadi pusat perdagangan kain mori se-Indonesia. Di sini masih ada bangunan-bangunan dengan arsitektur khas Timur Tengah. 


Berkunjung ke Kampung Arab Pekalongan paling pas dilakukan saat Ramadhan. Saat bulan puasa, komunitas Fest Kalongan sering menggelar beberapa acara dari sore hari hingga waktu berbuka. Kamu bisa ke sini untuk ngabuburit sambil menikmati nuansa ala Timur Tengah.


Itulah tadi beberapa kampung Arab di Indonesia yang bisa dijadikan pilihan wisata religi saat Ramadhan atau lebaran. Kamu bisa menikmati meriahnya momen Ramadhan dengan suguhan nuansa khas Timur Tengah. Bisa juga menikmati berbagai kuliner dan membeli berbagai pernak-pernik yang dijual oleh pedagang keturunan Arab. 


Untuk memudahkan kebutuhan transaksi saat mengunjungi Kampung Arab, Kamu bisa memanfaatkan layanan digital banking. Saat ini banyak pedagang di Kampung Arab sudah menyediakan fitur pembayaran non tunai menggunakan QRIS. Kamu bisa memanfaatkan fitur QR Pay yang tersedia dalam mobile banking PermataMobile X agar proses transaksi bisa lebih praktis.


Gunakan Mobile Banking Saat Berkunjung ke Kampung Arab

Salah satu mobile banking yang menyediakan fitur pembayaran QRIS adalah PermataMobile X. Kamu bisa memanfaatkan mobile banking ini saat berkunjung ke kampung Arab supaya bisa belanja barang hingga membeli makanan dengan lebih praktis. Melalui kode QRIS pembayaran dilakukan secara non tunai sehingga kamu tidak perlu repot mengeluarkan uang tunai.


Apa itu digital banking PermataMobile X? PermataMobile X adalah mobile banking yang disediakan oleh PermataBank untuk memudahkan berbagai transaksi di era digital. Mobile banking ini bisa diunduh secara mudah di Play Store dan App Store. Tidak hanya menyediakan fitur pembayaran QRIS dengan QR Pay, PermataMobile X juga memiliki ratusan fitur lain yang mendukung kebutuhan transaksi di era digital. 


Berbagai layanan yang tersedia di PermataMobile X, di antaranya transfer dana dengan BI-fast, membayar tagihan (listrik, internet, cicilan, dan lainnya), fitur login dengan Face ID dan fingerprint, kartu kredit, mengelola kartu kredit (seperti mengubah transaksi jadi cicilan, aktivasi kartu kredit, dan sebagainya), WhatsApp gift, investasi, top up e-wallet, cek mutasi rekening hingga 12 bulan, serta tarik tunai tanpa kartu di PermataATM dan Indomaret dengan fitur Mobile Cash


Informasi lebih lengkap mengenai cara daftar mobile banking PermataMobile X dan persyaratannya bisa dibaca melalui laman https://www.permatabank.com/id/permatamobilex.

Terima kasih atas kunjungannya