TUF Dash F15: Laptop Gaming Ringkas dan Ramah di Kantong

ASUS TUF Dash F15

ASUS TUF Dash F15: Laptop Gaming Ringkas dan Ramah di Kantong - Bermain game merupakan salah satu aktivitas yang sangat menyenangkan karena dapat membantu menghilangkan stres, memberikan hiburan interaktif, meningkatkan keterampilan kognitif, membangun koneksi sosial, dan memberikan rasa pencapaian.

Dengan adanya komputer desktop atau laptop gaming, aktivitas nge-game menjadi semakin seru dan menarik. Namun, bermain game di PC desktop atau laptop tidak selalu lancar. Keponakan saya yang gamers banget sering mengaluhkan game yang dimainkan tidak berjalan dengan baik.

Misalnya, game mengalami lag atau stuttering, tersendat, atau patah-patah. Hal tersebut menyebabkan pengalaman bermain game jadi nggak asik. Ketika terjadi laptop nge-lag, gameplay terasa sangat berat dan lemot. Kontrol permainan juga menjadi tersendat dan tampilan game terlihat patah-patah. 

Karena laptopnya sering lag saat dipakai main game, keponakan sering marah-marah nggak jelas. Sebagai Oom yang baik hati, saya sering ngeledekin dia kalau laptopnya sudah buluk dan gak bagus buat main game yang berat.

Saya juga suka ngomporin dia supaya beli laptop baru yang support buat main game. Salah satu laptop gaming yang saya rekomendasikan kepada keponakan adalah Asus TUF Dash F15(FX517). 

Alasan saya merokomendasikan produk ini karena TUF Dash F15 adalah laptop gaming ringkas dan ramah di kantong. Sehingga terjangaku buat dibeli oleh ponakan, walaupun harus menguras tabungannya dia.

Alasan berikutnya karena saya sudah menjajal langsung fitur unggulan Asus TUF Dash F15 di acara Mini Gathering Asus bareng teman-teman Blogger Bandung, Minggu, 10 September 2023, bertempat di Moxy Hotel Bandung.

TUF Dash F15(FX517)

Saat pertama kali melihat laptop TUF Dash F15(FX517) saya nggak percaya kalau ini adalah laptop gaming dan saya juga sempat nanya ke Bang Aswi. Bang, ini beneran laptop gaming, kok bentuknya tipis kayak laptop biasa? Dan saya baru bisa percaya setelah dia bilang kalau TUF Dash F15 ini adalah laptop gaming.

Desain bodi TUF Dash F15(FX517) tampil lebih minimalis, ringkas, dan ringan sehingga nyaman untuk digunakan kapan saja serta di mana saja. Dengan bobotnya yang hanya 2Kg dan ketebalan berada di kisaran 2cm, laptop ini terlihat sangat premium dan tidak tampak seperti laptop gaming pada umumnya.

Secara dimensi, laptop gaming ini terlihat sangat ringkas karena layarnya dibalut dengan bezel yang sangat tipis, yaitu 4,52mm di bagian samping dan 7,6mm di bagian atas. Bezel-nya yang tipis membuat dimensi bodi secara keseluruhan dapat dipangkas sekaligus membuat rasio layar terhadap bodi semakin besar.

Di bagian belakang layar hanya terdapat satu logo TUF yang disematkan di pojok sebelah kanan atas dan sisa ruang yang ada hanya diisi oleh warna Off Black atau Moonlight White. Jadi ketika kalian akan meminang laptop gaming ini hanya tersedia dua pilihan, yaitu warna Off Black atau Moonlight White.

Laptop gaming ini tercipta tidak hanya untuk gamer, tetapi juga untuk pengguna yang menginginkan laptop all-round dengan desain bodi ringkas namun tetap mengusung performa yang powerful.

TUF Dash F15

Performa ASUS TUF Dash F15(FX517)


Sebagai laptop gaming, sektor performa tetap menjadi prioritas. TUF Dash F15 (FX517) ditenagai Prosesor Intel® Core™ i7-12650H generasi ke-12 dengan MUX Switch.

Sementara, sektor grafisnya didukung opsi kartu grafis Nvidia GeForce RTX 3060 dengan TGP hingga 105W. Kinerjanya juga ditopang RAM DDR5-4800 Mhz yang bisa di-upgrade hingga maksimum 32GB. 

TUF Dash F15(FX517) yang ditenagai oleh hardware kelas gaming generasi terkini tentunya membutuhkan sistem pendingin khusus agar tidak gampang panas saat digunakan untuk main game berat, streaming, dan melakukan lebih banyak hal dengan kecepatan tinggi.

Sistem pendingin TUF Dash F15 menggunakan Arc Flow Fans yang memiliki 84 bilah kipas, dengan masing-masing bilah memiliki ketebalan berbeda yang bisa bikin aliran udara secara keseluruhan meningkat hingga 13%. 

Agar sistem pendinginnya lebih maksimal, ASUS membekali TUF Dash F15 dengan lima heatpipe yang terbuat dari tembaga. Heatpipe tersebut berfungsi untuk membuang panas dari komponen utama seperti prosesor dan chip grafis, serta komponen lain seperti VRM dan GPU VRAM. 

Kemudian, panas dari heatpipe tersebut disalurkan ke heatsink yang dirancang khusus untuk membuang panas sekaligus membuang debu dan partikel kecil lain. Dijamin kalau kalian pakai laptop ini nggak bakalan cepat panas saat dipakai main game seperti God of War, Street Fighter 6, dan Resident Evil 4 Remake.

Windows 11

Asus TUF Dash F15 juga telah dibekali dengan sistem operasi Windows 11 Home dan juga Pre-installed dengan Office Home and Student 2021 di dalamnya, sehingga kita nggak perlu repot membeli lisensi dan melakukan instalasi lagi.

Dengan sertifikasi lolos uji ketahanan berstandar militer AS (MIL-STD 810H), TUF Dash F15 (FX517) sangat pas untuk para pengguna yang membutuhkan laptop all-round dengan spesifikasi sekelas laptop gaming namun memiliki desain ringkas dan ringan.

Meski mengusung desain yang lebih premium, TUF Dash masih tetap mengedepankan performa serta harga yang bersahabat. Dibanderol dengan harga mulai dari Rp16.799.000 saja, TUF Dash F15 (FX517) bisa dikategorikan sebagai laptop gaming dengan desain ringkas yang paling terjangkau saat ini.

Keponakan saya sempat nggak percaya kalau ada laptop gaming dengan spek dewa yang harganya di bawah 20 juta. Setelah tahu ada produk Asus TUF Dash F15 (FX517) yang harganya relatif terjangkau, dia langsung tergiur dan berencana buat meminang laptop gaming tersebut setelah tabungannya cukup. 

Sekali lagi, sebagai Oom yang baik, saya mendo'akan semoga keinginan keponakan untuk memiliki laptop gaming TUF Dash F15 segera terlaksana. Aamiin....!

Spesifikasi TUF Dash F15 (FX517ZM)


Berikut adalah spesifikasi lengkap Asus Tuf Dash F15 (FX517ZM):

Spesifikasi TUF Dash F15 (FX517ZM)

Terima kasih atas kunjungannya