5 Destinasi Wisata di Deiyai, Papua yang Ingin Saya Kunjungi

5 Destinasi Wisata di Deiyai, Papua
Sumber gambar: akun X @udahkesini

5 Destinasi Wisata di Deiyai, Papua yang Ingin Saya Kunjungi - Kabupaten Deiyai di Papua merupakan salah satu daerah yang kaya akan keindahan alam dan kekayaan budaya. Terletak di bagian tengah Pulau Papua, Deiyai menawarkan pesona yang berbeda dengan tempat-tempat wisata lainnya di Indonesia. 


Kabupaten ini masih relatif belum banyak dijamah oleh wisatawan, sehingga keasrian alamnya tetap terjaga. Dari danau yang memukau hingga air terjun yang megah, Deiyai menyimpan berbagai destinasi menarik yang patut untuk dijelajahi. 


Selain itu, keberadaan komunitas adat yang masih memelihara tradisi dan budaya lokal menambah daya tarik tersendiri bagi para pengunjung. 


Kebetulan, saya memiliki teman di sana yang siap menjadi tour guide. Dia berprofesi sebagai ahli farmasi dan tergabung dalam organisasi Pafideiyai, sehingga dapat memberikan panduan yang bermanfaat selama perjalanan. Dengan bimbingannya, saya berharap bisa mengeksplorasi keindahan Deiyai dan mendapatkan pengalaman yang tak terlupakan. 


Berikut adalah beberapa tempat wisata di Kabupaten Deiyai yang ingin saya kunjungi:


1. Danau Tigi

Danau Tigi adalah salah satu danau terbesar dan paling menakjubkan di Kabupaten Deiyai, Papua. Terletak di tengah-tengah pegunungan yang hijau dan sejuk, danau ini menawarkan pemandangan yang memukau dengan airnya yang jernih dan alami. Lingkungan sekitar Danau Tigi masih sangat alami dan terjaga, menjadikannya tempat yang cocok bagi mereka yang mencari ketenangan dan keindahan alam.


Air Danau Tigi memantulkan warna biru kehijauan yang menawan, terutama saat matahari bersinar cerah di langit biru. Di sekitar danau, terdapat hamparan perbukitan yang hijau dan rimbun, menciptakan latar belakang yang sempurna untuk momen-momen fotografi yang memukau. Danau ini juga menjadi rumah bagi berbagai jenis ikan air tawar, sehingga populer di kalangan penggemar memancing.


2. Kampung Suku Mee 

Kampung Suku Mee terletak di sekitar Danau Tigi, yang dikenal dengan keindahan alamnya dan budaya tradisionalnya yang kaya. Penduduk kampung ini tinggal di rumah honai, rumah tradisional yang beratap daun kering, yang memberikan perlindungan dari cuaca dan mencerminkan kearifan lokal mereka.


Dalam keseharian, warga Suku Mee mengenakan koteka sebagai pakaian tradisional. Mereka hidup dengan sederhana, mengandalkan berladang umbi-umbian dan sayur sebagai sumber makanan utama. Suku Mee menggunakan Bahasa Mee sebagai bahasa utama dalam interaksi sehari-hari, sementara Bahasa Indonesia digunakan sebagai bahasa kedua.


3. Bukit Waghete

Bukit Waghete menawarkan pemandangan alam yang spektakuler dari puncaknya. Dari sini, Anda bisa melihat panorama luas Kabupaten Deiyai, termasuk pemandangan Danau Tigi dari kejauhan. Bukit ini sering dijadikan lokasi untuk berkemah dan menikmati matahari terbit atau terbenam.


Dari puncak Bukit Waghete, Anda akan disuguhi pemandangan yang luar biasa. Pada hari yang cerah,  bisa melihat panorama hijau perbukitan yang mengelilingi daerah ini, hamparan Danau Tigi yang biru, serta pemukiman tradisional yang tersebar di sekitarnya. Pemandangan ini sangat cocok untuk fotografi, dan banyak pendaki yang mengabadikan momen-momen indah di puncak bukit.


4. Bukit Bobaigo

Bukit Bobaigo adalah salah satu destinasi wisata alam yang menakjubkan di Kabupaten Deiyai. Bukit ini menawarkan pemandangan alam yang spektakuler dari puncaknya, termasuk panorama luas Danau Tigi yang membentang dengan indah. Dari atas bukit, Anda bisa menikmati pemandangan hijau perbukitan dan hutan yang mengelilingi daerah ini, serta menyaksikan matahari terbit dan terbenam yang memukau.


5. Danau Paniai

Meskipun sebagian besar berada di Kabupaten Paniai, Danau Paniai juga merupakan destinasi menarik yang dapat diakses dari Kabupaten Deiyai. Danau ini dikenal sebagai salah satu danau terindah di dunia dan menjadi tempat favorit bagi para wisatawan untuk memancing dan berperahu.


Selain keindahan alamnya, Danau Paniai juga merupakan rumah bagi beragam flora dan fauna. Ikan-ikan air tawar seperti mujair dan gabus banyak ditemukan di danau ini, sehingga menjadi tempat favorit bagi para pemancing. Selain memancing, aktivitas lain yang populer di danau ini adalah berperahu. Anda bisa menyewa perahu dari penduduk setempat untuk berkeliling danau dan menikmati keindahan alam dari sudut pandang yang berbeda.


Dengan kekayaan alam dan budaya yang dimilikinya, Kabupaten Deiyai memang menawarkan berbagai tempat wisata yang patut untuk dikunjungi. Perjalanan menuju tempat-tempat ini mungkin menantang, namun keindahan yang akan ditemui di sepanjang perjalanan dan di setiap destinasi akan sepadan dengan usaha yang dikeluarkan.


Kalau saya sih lebih memilih diantar sama teman. Dia bersama temannya dari organisasi Pafi cabang Deiyai berjanji mau mengantar saya ke lima tempat tersebut. Oh iya, buat yang mau tahu tentang Pafi Deyai bisa cari informasinya di https://pafideiyai.org.

Terima kasih atas kunjungannya