10 Januari 2019

Objek Wisata Floating Market Lembang

Floating Market Lembang
Floating Market Lembang. 
Objek Wisata Floating Market Lembang - Liburan kali ini saya punya rencana seru, yaitu mengunjungi sebuah tempat rekreasi bernama Floating Market Lembang yang beralamat di Jalan Grand Hotel No. 33 E, Lembang, Bandung, Jawa Barat. 

Singkat cerita saya tiba di lokasi dan langsung membayar tiket masuk, kemudian menuju tempat parkir. Ketika memasuki area lobi disambut oleh petugas yang menawarkan penukaran tiket masuk dengan segelas minuman panas atau dingin seperti kopi, lemon, dan coklat panas.

Ketika masuk area wisata langsung terlihat sebuah pemandangan indah yang tidak bisa dijumpai di tempat lain. Seperti informasi yang didapat sebelumnya, memang benar bahwa Floating Market Lembang adalah sebuah destinasi wisata pasar terapung satu-satunya di Bandung.

Wah...., ada yang unik di tempat rekreasi ini. setau saya biasanya pasar terapung berada di sebuah aliran sungai besar, seperti di Kalimantan atau di Thailand. Tapi pasar terapung di Lembang ini menggunakan danau sebagai tempat wisata dan transaksi jual beli.

Menurut informasi yang saya dapat, kawasan wisata Floating Market Lembang ini menempati dua danau atau situ seluas 7 hektare. Kedua danau ini memiliki nama yang berbeda, yaitu Situ Umar dan Situ Karang Putri. Wuih adem banget nich, di sekeliling danau tumbuh pepohonan rindang nan hijau menyejukkan mata.

Tidak seperti pasar apung pada umumnya yang menyediakan aneka sayuran dan hasil tani lainnya, Floating Market Lembang  menyediakan aneka menu kuliner khas Nusantara yang lezat dan nikmat. Ada baso tahu, colenak, siomay, tahu Lembang, surabi, tempe mendoan, batagor, lotek, jagung bakar, karedok, ketan bakar, dan masih banyak menu makanan lainnya yang bisa dipilih sesuai selera.

Menu kuliner tersebut dijajakan di atas perahu-perahu kecil yang berjajar rapi di sepanjang tepian danau. Di sinilah uniknya kulineran di Floating Market Lembang. Pengunjung bisa berburu aneka makanan yang dijual di atas perahu.

Pengunjung juga bisa berjalan mengelilingi pinggir danau untuk mencari menu makanan kesukaan. Kalau mau merasakan sensasi belanja di pasar apung sungguhan bisa berkeliling danau menggunakan perahu yang disediakan. 

Harga makanan di Floating Market Lembang relatif terjangkau. Tapi ketika berbelanja di pasar terapung di Lembang ini pengunjung tidak bisa menggunakan uang secara langsung. Uang harus ditukarkan dengan koin khusus bergambar perahu dan bertuliskan Floating Market Lembang. Koin tersebut terdiri dari 4 warna dengan nominal yang berbeda. Koin warna kuning (5000), biru (10.000), pink (50.000), dan oranye (100.000).

Selain menikmati sensasi unik berbelanja di pasar terapung di Lembang, pengunjung juga bisa melakukan aktivitas lain yang lebih seru seperti naik perahu air dan outbond.

Tempat rekreasi ini sangat cocok untuk wisata keluarga karena memiliki banyak wahana untuk bermain seperti taman miniatur Kereta Api, lokomotif mini, taman Kelinci, becak dan mobil mini, kampung kandang, outbond anak, dan mancing magnet.

Nah, buat kamu yang punya rencana liburan atau mau mengunjungi keluarga sekaligus jalan-jalan di Bandung, Floating Market Lembang sangat recommended untuk dijadikan destinasi wisata pilihan.

Terimakasih atas kunjungannya