Tiny Dumpling, Restoran Cina Peranakan Terfavorit di Bandung

Menu Tiny Dumpling Bandung
Menu Tiny Dumpling Bandung
Siang itu saya terima pesan berupa ajakan kulineran dari teman "Dew, nyicip makanan yuk di Tiny Dumpling." Seperti biasa, saya kalau diajak kulineran nggak pernah nolak dan langsung mengiyakan ajakan tersebut. 

Tiny Dumpling adalah restoran masakan Cina dengan tema oriental klasik, beralamat di Jalan Prof. Dr. Sutami No. Kav 2, Kota Bandung. Restoran ini terdiri dari dua ruangan, yaitu ruangan depan dan ruangan dalam. 

Ruangan depang Tiny Dumpling
Ruangan depan Tiny Dumpling
Saat masuk, di bagian depan terlihat ornamen unik berupa klakat (alat kukus dari bambu) yang menempel di dinding kanan dan kiri resto. Klakat ini merupakan alat masak tradisional Cina yang masih digunakan sampai saat ini karena ramah lingkungan, tahan lama, dan tidak merusak tekstur serta aroma makanan.

Klakat ini dijadikan sebagai penghias ruangan bagian depan resto bukan tanpa alasan. Sesuai dengan namanya, Tiny Dumpling Bandung menyediakan kudapan khas Cina sejenis pangsit yang namanya dumpling. Kuliner berbalut kulit adonan tepung ini dimasak/dikukus menggunakan klakat, bahkan dihidangkannya juga menggunakan alas alat kukus bambu tersebut.

Dumpling Khas Tiny Dumpling Resto
Dumpling Khas Tiny Dumpling Resto
Dumpling biasanya terdiri atas daging cincang ditambah dengan sayur-sayuran yang dibungkus dengan selembar kulit yang terbuat dari adonan tepung. Di restoran Cina peranakan ini ada beberapa pilihan menu dumpling di antaranya So Chick, Eat Green, Dumpling Platter, dan Premium Dumpling.

Dumpling kukus teksturnya lembut dan rasanya sangat lezat. Meskipun kuliner khas Cina, tapi di restoran Tiny Dumpling rasanya disesuaikan dengan lidah orang Indonesia karena target marketnya tidak hanya orang peranakan.

Tidak hanya dumpling kukus, di restoran peranakan ini juga menyediakan dumpling goreng. Nah, untuk dumpling goreng ini teksturnya cenderung renyah dan rasa kulit pembungkusnya lebih gurih daripada yang dikukus.

Lontong Cap Gomeh Tiny Dumpling
Lontong Cap Gomeh Tiny Dumpling
Meskipun menu andalannya dumpling, restoran ini tetap menyediakan anekan menu makanan yang nggak kalah lezatnya. Salah satunya adalah Lontong Cap Gomeh. Entah apa alasannya diberi nama Cap Gomeh, yang pasti porsinya jumbo. Isinya terdiri dari lontong, telur ayam, segumpal daging ayam berukuran besar, dan labu siem. Kuah karinya pas banget untuk lidah orang Indonesia.

Beijing Sweet and Sour Beef
Beijing Sweet and Sour Beef
Masih banyak menu makanan yang bisa kalian pilih di Restoran Cina Tiny Dumpling. Berikut ini daftar lengkap menu Tiny Dumpling Bandung.

Daftar Menu Tiny Dumpling

Dumpling
So Chick
Eat Green
Dumpling Platter

Premium Dumpling
Beef Mozarela
Fish & Onion

Signature Soup
Grandma's Remedy
Spicy Milk Coconut Dumpling

Main Course
Chicken green curry served Prata Bread 
Beef Red Curry Served Prata Bread Chicken 

Mix Vegetable
Kangkung Balacan
Cha Tau Ge Ikan Asin
Fried Fish Yellow Curry
Roasted

Rice Pakage
Yang Cheow Fried Rice
Nasi Rendang
Beijing Sweet & Sour beef
Lontong Cap Gomeh
Nasi Goreng Jambal

Noodles
Dry Curry Noodle
Chicken Laksa Noodle
Shanghai Fried Noodle


Tiny Dumpling Cafe/Resto menyediakan menu makanan halal dan non halal. Tapi buat kalian yang anti makanan non halal tidak perlu khawatir karena makanan ini dimasak secara terpisah. Daftar menunya pun dibuat terpisah. Jadi kalian tidak akan bingung memilih menu halal dan non halal.

O..., iya minumannya juga banyak pilihan loch, dari mulai aneka Milkshake, Artistan Tea, Smoothies Juice, Remedy Drink, Herbal Drink, Traditional Drink, Specialty Drink, dan buat kamu yang suka minum kopi di Tiny dumpling juga tersedia aneka kopi.

Restoran ini cukup nyaman dan cocok banget buat ngadem karena lokasinya agak di pinggir kota. Saya sendiri lebih memilih makan di ruang bagian dalam karena lebih adem. Desain interiornya unik dan menarik.

Lukisan keluarga Tionghoa sedang makan menghiasi dinding membuat suasana Chinese semakin kental di dalam restoran ini. Ornamen bagian atas dihiasi sangkar burung dengan lampu terlihat sangat unik.

Tiny Dumpling memang restoran Cina peranakan terfavorit di Bandung. Buat kamu yang merasa penasaran, silahkan mampir ke restonya langsung ya. Jangan lupa ajak teman dan keluarga, karena porsi makanannya jumbo, nggak bakalan habis dimakan sendirian.

Alamat Tiny Dumpling:
Jl. Prof. Dr. Sutami No.KAV 2, Sukarasa, Sukasari, Kota Bandung, Jawa Barat

Jam buka: Pukul 07.00 - 22.00 WIB

Nomor telepon: 0812-6780-088

Baca juga Semangkuk Kelezatan Tenno Ramen House di Paskal Food Market Bandung

Terimakasih atas kunjungannya